Pages - Menu

Minggu, 06 November 2016

Motivasi yang dibutuhkan untuk menjadi Wirausahawan

Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda adalah usaha dari seorang wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Mindset seorang entrepreneur terbentuk karena memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme. Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif. Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan. Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun. Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas. Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan. Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

Lalu apa saja motivasi yang dibutuhkan seorang wirausahawan? Simak penjelasan berikut ini:

1. Kebutuhan
Seorang wirausaha dituntut dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga motivasi kebutuhan merupakan awal dari dasar membangun sebuah usaha.

2. Penguatan
Dalam membangun sebuah usaha dibutuhkan penguatan untuk menjadi Pribadi seorang entrepreneur yang kuat dan tahan banting, jika gagal harus mampu bangkit,  mampu bersaing dengan pasar luar. Dengan motivasi ini seorang wirausaha tidak mudah menyerah begitu saja.

3.  Keadilan
Seorang entrepreneur mungkin pernah merasa gagal jika di tolak oleh berbagai perusahaan, mencari lapangan pekerjaan terasa sulit, hingga merasa tak adil dengan kondisi yang dihadapi, dengan membangun motivasi untuk merasa adil ditengah masyarakat dengan membangun lapangan pekerjaan juga merupakan pondasi yang harus dimiliki.

4. Harapan
Harapan seorang entrepreneur adalah untuk membangun masa depan yang baik bagi sesama. Memberikan manfaat bagi sekitar. Jika seorang entrepreneur memiliki motivasi tersebut maka tidak hanya membangun harapan bagi kehidupannya, namun bagi orang lain disekitarnya, dengan membuka usaha maka di juga membuka peluang untuk orang lain.

5.  Tujuan
Tujuan dari seorang entrepreneur membangun sebuah usaha harus jelas, membawa kea rah mana usaha tersebut, jika hanya menguntungkan laba semata maka tujuan tersebut sia-sia. Apabila tujuan seorang entrepreneur dapat berkontribusi banyak bagi lungkungan sekitarnya. Maka tujuan seorang entrepreneur cukup jelas.

Lalu dari pola pikir dan motivasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa kita mampu mengimplementasikannya dalam kehidup sehari-hari, belajar untuk berani mengambil resiko, bertahan ketika gagal, berupaya berfikir kreatif. Tidak takut gagal sebab kesalahan awal kita kembali berusaha menjalankan kembali dengan baik. Membangun pola pikir berkaitan dengan kemauan Pribadi seseorang tetap berpikir positif dan memiliki keyakinan adalah kunci dasar dari membangun mindset tersebut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar